Nama Kampung Unik & Aneh: Kampung Siluman di Tambun

TAMBUN SELATAN – Kampung Siluman. Yang mendengar nama ini pasti terkejut dibuatnya. Bagaimana tidak, kampung siluman sama saja dengang kampung setan.

Hiii… serem banget Abang-mpok. Ya, Kampung Siluman masuk dalam daftar salah satu nama daerah yang aneh dan unik di Bekasi.

Kampung Siluman berada di Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan. Meski ada kuburan besar Kabupaten Bekasi di sini, kawasan Kampung Siluman kini ramai penduduk dan tak menyisakan kesan serem.

Ada beberapa versi cerita tentang asal usul nama Kampung Siluman.

Yang pertama adalah soal banyaknya Jawara di sini yang punya beragam ilmu kanuragan dengan sebutan nama-nama siluman, seperti siluman ular, siluman kera, dll. Hingga disebutlah kampung ini dengan Kampung Siluman.

Versi yang kedua menyebutkan, kawasan ini pada zaman Belanda dulunya hutan besar yang menyimpan banyak misteri.

Salah satu kisah menceritakan, ketika terdesak oleh pasukan Belanda, para pejuang mundur ke kawasan ini dan langsung hilang ditelah hutan. Belanda yang bingun menyebut mereka disembunyikan oleh siluman.

Kabar lainnya adalah soal kisah mistis di masa lalu tentang banyaknya barang-barang warga yang berharga hilang di kala malam.

Hilang tak ada bekas sama sekali. Mereka pun menyebut siluman yang menghuni kampung ini lah pelakunya.

Begitulan beberapa versi yang disebut warga secara turun temurun sebagai latar yang menjadikan kawasan tersebut bernama Kampung Siluman yang pada bagian baratnya berbatasan dengan Kampung Rawa Kalong. (TB/AH)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.