Nyok Kenali Sejarah Tugu di Kampung Tugu Proyek-Bekasi

BEKASI TIMUR – Sekitaran stasiun Bekasi pada masa perjuangan sering terjadi baku tembak antara pihak pejuang dengan musuh, Belanda dan Jepang. Monumen berupa tugu mungil di ujung Jalan Haji Agus Salim didirikan menandai perjuangan heroik masyarat kala itu.

Sejarawan asal Bekasi Bang Ali Anwar mengatakan, tugu ini sebagai pengingat bahwa di lokasi ini dulunya sering terjadi pertempuran antara rakyat Bekasi dengan Belanda atau Jepang.

Abang-mpok pasti sering denger Kampung Tugu. Ya, kampung ini berada di sebelah utara Proyek Bekasi, seberangin rel kereta sedikit pada pertigaan pertama ada bangunan tugu ini.

Ukurannya kecil, hingga kadang tak terlihat oleh pengguna jalan. Lokasi lengkapnya, Jalan Haji Agus Salim, Kampung Tugu, Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Menariknya, tugu apakah ini? Sebetulnya ini tugu bersejarah dengan umur cukup panjang, dibangun pada 13 Desember 1949 oleh para pejuang RI dan rakyat Bekasi secara gotong royong.

Wow, artinya bangunan bernama “Tugu Perjuangan” ini sudah berumur 71 tahun. Agar terawat, tugu beberapa kali dibersihkan dan dicat ulang baik oleh Pemko maupun warga sekitar.

Pada bagian atas tugu setinggi 2,5 meter ini ditempatkan pecahan peluru, meriam (kanon), granat tangan dan selongsong peluru yang menandakan sisa-sisa perjuangan rakyat Bekasi di masa perjuangan.

Sejarawan asal Bekasi Bang Ali Anwar mengatakan, tugu ini sebagai pengingat bahwa di lokasi ini dulunya sering terjadi pertempuran antara rakyat Bekasi dengan Belanda atau Jepang.

Juga sebagai peringatan pada peristiwa dibumihanguskannya Bekasi sebelah barat dan sebelah timur.

Tugu Perjuangan sebetulnya masuk dalam salah satu monumen cagar budaya di Bekasi. Namun, kadang kondisinya tak terawat. Untuk mengabadikan diri berfoto bersama tugu cukup sulit, karena posisi di pertigaan yang mepet dengan jalan raya.

Karena kondisinya belum siap kunjung, kita berharap Pemkot Bekasi bisa menjadikan situs ini sebagai bagian dari tujuan wisata sejarah di Bekasi.

Karena Bekasi punya banyak situs monumen dan tugu seperti ini. Jika dikelola dengan baik, bisa jadi potensi wisata lokal.

Nah, Abang-mpok, udah ngeh belon sama Kampung Tugu yang ada Tugu Perjuangannya?

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.