Indomaret se-Indonesia Bakal Diboikot dan Didemo Buruh Pekan Depan, Ada Apa?

Gerai Indomaret. Foto: Indomaret

JAKARTA – Buruh siap memboikot Indomaret pekan depan. Boikot dilakukan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Serikat buruh ini menyatakan akan melakukan boikot dengan tidak berbelanja di Indomaret. Aksi boikot dilakukan di seluruh Indomaret se-Indonesia, termasuk Bekasi dan wilayah Jabodetabek lainnya.

Selain melakukan boikot, para buruh juga bakal menggelar demo di kantor PT Indomarco Prismatama (Indomaret) di seluruh wilayah Indonesia.

FSPMI dan KSPI menyatakan, boikot Indomaret sekaligus demo ini, terkait kasus hukum yang menimpa salah satu pegawai Indomaret bernama Anwar Bessy.

Baca Juga: Kangen Soto Semarang di Bekasi, Ini Tempat Ngetopnya!

Anwar dipidana manajemen Indomaret karena melakukan perusakan gerai saat melakukan demo menuntut konsistensio THR di Indomaret. Boikot dan demo Indomaret ini sebagai bentuk dukungan dan solidaritas terhadap Anwar Bessy.

Anwar Bessy saat ini telah dijadikan tersangka oleh perusahaan ritel tersebut. Hal inilah yang membuat buruh memboikot gerai sejuta umat ini.

Atas aksi karyawannya yang melakukan demo menuntut THR dibayar penuh telah dijelaskan pihak Indomaret dan memastikan sudah membayar THR seluruh karyawannya sebesar 1 bulan gaji.

Baca Juga: Top 10 Nasi Uduk Betawi di Bekasi, Semurnya Jangan Lupa!

Sementara keterangan dari karyawan Indomaret menyatakan, THR 1 bulan gaji itu tidak sesuai ketentuan.

Karena selama ini Indomaret mengatur besaran THR berdasarkan masa kerja. Untuk buruh dengan masa kerja kurang dari 3 tahun diberikan satu kali upah, masa kerja di atas 3 tahun tetapi kurang dari 7 tahun dibayarkan 1,5 kali upah, dan masa kerja di atas 7 tahun dibayarkan dua kali upah.

Nah, masalahnya di sini. Banyak buruh Indomaret yang memiliki masa kerja di atas 7 tahun yang seharusnya mendapatkan THR sebesar 2 kali upah namun hanya mendapatkan THR satu bulan upah sejak ada pandemi Covid-19.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.