Warga Jabar Jangan Makan Tahu-Tempe! Hinga Akhir Pekan Perajin Tahu-Tempe Mogok Produksi

Tahu dan tempe di pasar. Foto: wonosobozone

BANDUNG – Jika sudah hobi, tahu dan tempe wajib hadir dalam sepiring nasi. Namun warga Jawa Barat harus menahan dulu makan tahu tempe. Pasalnya para perajin tahu tempe melakukan aksi mogok hingga akhir pekan besok.

Aksi mogok produksi perajin tahu dan tempe di Jawa Barat dilaksanakan mulai Jumat (28/5/2021). Paguyuban perajian sudah menyatakan stop produksi selama tiga hari hingga, berarti hingga Minggu (30/5/2021).

Aksi ini merupakan kesepakatan yang dikomandoi paguyuban perajin tahu tempe se-Jawa Barat. Aksi mogok produksi ini berdasarkan kesepakatan pada rapat seminggu sebelumnya.

Para perajin tahu dan tempe sendiri sudah menyatakan menerima surat edaran untuk aksi mogok tersebut.

Baca juga: Top 10 Nasi Uduk Betawi di Bekasi, Semurnya Jangan Lupa!

Sejak Kamis sejumlah perajin bahkan sudah tidak memproduksi tahu dan tempe. Hal itu berarti tahu dan tempe untuk besok sudah tidak ada lagi di pasaran.

Walaupun ada, kemungkinan besar sisa produksi hari ini. Sementara untuk besok, produsen tahu di Cibuntu, Kopo kompak tak produksi.

Baca juga: Bikin Heboh! Penampakan Pohon Beringin Berbuah Jambu Klutuk di Cikarang

Paguyuban Tahu-Tempe Jabar dalam surat edaran yang dikeluarkan menyatakan,  , aksi akan digelar selama tiga hari. Tujuannya agar pemerintah memperhatikan kenaikan harga bahan baku tahu dan tempe yakni kedelai.

Menurut para perajin, harga kedelai sudah lebih dari Rp10.500 per kg. Padahal pada saat normal, harga kedelai berkisar antara Rp7.000 hingga 8.000.per kg.

Baca juga: Pasar Proyek Bekasi, Umurnya 3 Abad Lebih

Kenaikan tersebut telah terjadi sejak sebelum Ramadan 2021 lalu. Mereka berharap harga kedelai kembali terjangkau sehingga bisa diterima konsumen dengan harga murah.

Aksi mogok ini juga bertujuan kepada konsumen, atas kenaikan harga tahu dan tempe antara 15 hingga 25 persen. Antara lain, untuk tahu cetak dipatok Rp45.000 sampai Rp50.000 per papan.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.