HUT Jakarta ke-494 Tahun 2021: Peran Walisongo, Kerajaan Demak & Fatahillah di Balik HUT Jakarta

SUNDAKELAPA – Hari ini, 22 Juni 2021, Jakarta merayakan ulang tahun ke-494. Jakarta dan Bekasi punya sejarah panjang dan berdampingan. Dulu Bekasi merupakan wilayah Jakarta.

Dari Bekasi dan wilayah timur Jawa penyerbuan membebaskan Sunda Kelapa antara lain dilakukan hingga kota ini berganti nama menjadi Jakarta.

Masyarakat Bekasi mempunyai akar yang kuat dengan Jakarta, yakni sama-sama bersuku Betawi. Nah, sekarang TopBekasi mau ngajak Abang-mpok untuk memahami sekilas info di balik HUT Jakarta ke-494.

Dulu kala, ulama di Tanah Jawa yang dikenal dengan Walisongo mendapat pirasat kuat bakal sengsaranya rakyat Nusantara jika Portugis masuk ke Tanah Jawa dan menguasai pulau subur ini.

Baca Juga: Wisata Sejarah ke Saung Ranggon, Bangunan Tertua di Bekasi

Sementara Pulau Sumatera dan Malaka telah mereka kuasai. Tapi Jawa jangan. Walisongo meminta Raja Kerajaan Islam Demak, Sultan Trenggono untuk mencegah masuknya bangsa Eropa tersebut.

Disepakati, pasukan Demak dipimpin Fatahillah yang merupakan penasehat kerajaan keturunan Aceh yang juga menantu Sultan untuk menjadi Panglima Perang memimpin pasukan multi wilayah ini.

Lima abad kemudian, Sunda Kelapa berkembang pesat hingga menjadi metropolitan dan Ibukota Indonesia.

Ya, selain dari Kudus-Jawa, tentara Islam berasal dari Madura, Cirebon hingga Banten. Bergabung pula tentara mujahid lainnya dari Makassar-Sulawesi.

Baca Juga: TOP 9 Rumah Makan Betawi di Bekasi

Tahun 1527, Fatahillah bersama ribuan prajurit Nusantara berhasil mengusir bangsa Portugis melalui perang heroik di kawasan Sunda Kelapa.

Setelah 493 tahun, pelabuhan kecil ini tumbuh besar menjadi salah satu gerbang perdagangan di Nusantara. Dalam beberapa kali fase pergantian nama, Sunda Kelapa pada akhirnya bernama Jakarta dan kini menjadi metropolitan serta Ibukota Indonesia.

Penaklukan oleh Fatahillah dan pasukan Islam ini oleh Gubernur Sudiro tahun 1950an dijadikan hari lahirnya Jakarta. Selamat ulang tahun Ibukota Indonesia. Selamat ulang tahun Jakarta!

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.