Graha Auto Classic, Museum Barang Antik Termasuk Mobil dan Motor Klasik di Cikarang

Graha Auto Classic-Cikarang, Museum segala barang abtik, utamanya mobil dan motor classic

CIKARANG – Abang/mpok yang demen sama mobil dan motor klasik, wajib menyambangi Graha Auto Classic (GAC) di Cikarang. Dengan beragam koleksi barang antiknya, GAC menjadi museum mobil dan motor klasik yang menarik untuk dikunjungi.

Meski namanya berbau otomotif, Graha Auto Classic tidak hanya mengoleksi mobil dan motor klasik saja, akan tetapi banyak menyimpan benda dan barang tua yang punya nilai sejarah. Nah, penggemar barang antik bisa juga mlipir ke sini.

Museum pribadi milik Jhonta Herry Patmono ini beralamat di Jl. Raya Pole No. 99 Cikarang, Kab. Bekasi, Jawa Barat. Meski berada di pinggiran Ibukota, Graha Auto Classic sudah dikenal orang, khususnya masyarakat Bekasi.

Dengan beberapa benda-benda antik yang menjadi koleksinya, museum pribadi ini bisa dinikmati kalangan umum dengan gratis.

Baca Juga: HUT Jakarta ke-494 Tahun 2021: Peran Walisongo, Kerajaan Demak & Fatahillah di Balik HUT Jakarta

Niat Herry membangun Graha Auto Classic pada tahun 2005 silam dikarenakan hobinya sebagai biker yang saat itu memiliki beberapa motor lawas khususnya BSA.

Herry GAC, seorang bikers motor klasik pemilik Graha Auto Classic

“Dari situ saya punya keinginan memiliki museum pribadi yang isinya tak hanya motor klasik tapi juga benda-benda antik lainnya,” kenangnya.

Keluarga Jhonta Herry Patmono bersama koleksi dokar tua

Disebutkannya, semua barang antik yang ada di GAC merupakan hasil perburuan dari beberapa kota di Indonesia. “Tetapi ada juga barang yang tidak sengaja didapat ketika saya sedang dinas ke luar kota,” ujar lelaki yang akrab disapa Herry Graha Auto Classic ini.

Baca Juga: 3 Destinasi Pantai, Penghias Pariwisata di Bekasi yang Layak Dikunjungi

Saat akan memasuki gerbang museum, Abang/Mpok disambut dengan gapura yang diatasnya berdiri kokoh sebuah replika perahu. Perahu ini dibelinya dari nelayan di pantai pulau Jawa dengan bahan kayu jati, namun karena ada beberapa yang sudah keropos, dibuat replikanya dari semen. Dan gapura perahu ini jadi ikon Graha Auto Classic.

BSA adalah varian motor klasik yang paling banyak dikoleksi Graha Auto Classic

Di pelataran museum terdapat dua unit mobil klasik Hillman Coupe lansiran 1954 dan Austin 1952 yang juga buatan Inggris. Masuk ke ruangan dalam nuansa otomotif masih terasa kuat, tiga unit BSA sudah menyambut, yang pastinya akan membuat iri bagi para pecinta motor klasik.

Motor-motor lawas yang dikoleksi Graha Auto Classic

Tidak hanya ada tiga BSA saja, Herry juga menyiapkan dua unit BSA Gold Star dan BSA 1954 yang masuk dalam jajaran koleksi anyarnya.

Baca Juga: Top 7 Warung Gabus Pucung Betawi di Bekasi, Rasanya Gurih Banget!

Ada ruangan lainnya yang juga menampilkan deretan motor-motor klasik lainnya. Seperti Puch 1958, DKW, Peugeot dan masih banyak lagi. Menurut Herry, koleksi motor klasiknya ada sekitar 25 unit dari berbagai merek dan tipe.

“Tapi saya tidak akan berhenti untuk menambah koleksi motor klasik di museum saya ini,” tambahnya.

Salah satu koleksi mobil klasik di Graha Auto Classic Cikarang

Graha Auto Classic tak melulu mengoleksi mobil antik dan motor klasik, museum pribadi ini punya beragam koleksi lainnya diluar otomotif. Seperti sepeda Onthel, jam antik, mesin jahit kuno, keris pusaka, radio kuno, fosil purba, kristal, dan sebagainya.

Beragam benda antik jadi koleksi di Graha Auto Classic selain otomotif

Herry mengatakan, Graha Auto Classic juga menyimpan benda benda bersejarah seperti pusaka pusaka kuno peninggalan dari jaman Majapahit, Singosari, Blambangan hingga jaman mataram.

Baca Juga: Top 10 Nasi Uduk Betawi di Bekasi, Semurnya Jangan Lupa!

Benda benda tersebut adalah keris dan tombak dari berbagai jenis yang diperkirakan jumlahnya mencapai 125 buah. Dan benda tersebut asli peninggalan leluhur.

Mesin jahit lawas, salah satu koleksi langka yang dimiliki Graha Auto Classic
Koleksi lainnya di Graha Auto Classic adalah radio tua yang masih berfungsi

“Semua koleksi yang ada di Graha Auto Classic ini bisa dinikmati orang lain yang berkunjung ke museum tanpa dipungut biaya alias gratis. Silahkan datang dan nikmati koleksi yang ada disini,” tutup biker yang juga anggota Motor Antique Club Indonesia (MACI) Jakarta ini.

Komunitas sepeda motor sambangi Graha Auto Classic
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.