Video RSUD Bekasi Kelabakan Tangani Vasien Viral, Ruangan Full Pasien Diperiksa di Halaman RS

Viral video pasien tengah diperiksa di halaman RSUD Bekasi

BEKASI SELATAN – Dalam satu hari ini, Jumat (25/6/2021) video RSUD Bekasi yang kelabakan menangani pasien Covid-19 viral di media sosial. Terlihat petugas tengah memerikssa pasien di pelataran atau halaman RS dengan latar belakang tenda orange BNPB.

Selain puluhan pasien yang berada di dalam tenda, terekam pula belasan pasien tengah menanti untuk diperiksa petugas RSUD Bekasi. Di antaranya ada yang berdiri, terduduk di bawah, berada di kursi roda hingga satu pasien terkapar di bak mobil pick-up.

Kondisi yang sangat menyedihkan ini memperlihatkan betapa banyaknya pasien Covid-19 yang harus diperiksan pihak RSUD Bekasi yang berada di Jalan Pramuka atau Alun-Alun Kota Bekasi.

Kenyataan ini sekaligus menyampaikan sebuah pesan bahwa Covid-19 saat ini dalam kondisi peningkatan yang sangat tajam.

Video ini beredar di sejumlah media sosial, mulai dari pesan berantai di group whatsapp, intagram hingga TikTok. Sebuah pesan kepada banyak pihak agar bisa bertahan menghadapi wabah dengan tingkat kewaspadaan tinggi dengan menerapkan protocol kesehatan.

Baca Juga: Pasar Proyek Bekasi, Umurnya 3 Abad Lebih

Atas video viral RSUD Bekasi ini, pihak RSUD dr Chasbullah Abdulmajid, Kota Bekasi memberikan keterangan khusus tentang kondisi terkini di rumah sakit umum daerah di Kota Bekasi tersebut.

Direktur RSUD Bekasi, Kusnanto Said menjelaskan, video tersebut memperlihatkan sejumlah pasien tengah menghadapi pemeriksaan awal yang dilakukan petugas RSUD Bekasi.”Beberapa pasien pasien nggak sabar menunggu di kursi roda. Jadi memilih tidur,” urai Kusnanto.

Pasien tersebut lanjut Kusnanto Said merupakan pasien dengan gejala Covid-19 semua. Karena ruang pemeriksaan penuh, pihak RSUD Bekasi menambah ruang pemeriksaan awal itu di tenda dam di lorong. Fase ini disebut triase, yakni pemeriksaan awal.

Baca Juga: Graha Auto Classic, Museum Barang Antik Termasuk Mobil dan Motor Klasik di Cikarang

Tenda yang disiapkan merupakan antisipasi pihak RSUD Bekasi atas melonjaknya pasien Covid-19 dalam sepekan belakangan. Tenda darurat berisi 30 tempat tidur untuk perawatan awal para pasien.

Namun kondisinya hingga Jumat ini semua tempat tidur telah penuh diisi pasien. “Pasien baru Covid-19 terus berdatangan, kita sediakan awalnya 30 bed dan penuh. Namun kita nggak bisa menolak pasien datang,” ungkap Kusnanto Said.

Dalam pemeriksaan awal ini pihak RSUD memeriksa apakah pasien sudah positif Covid-19 atau negative. Sejumlah pasien datang sudah PCR, lainnyabelum PCR. “Mereka yang belum PCR inilah yang ter-screening di sini sambil menunggu hasil PCR-nya ada,” tandas Kusnanto Said.

Baca Juga: Nama Kampung Unik & Aneh: Kampung Siluman di Tambun

Dalam kondisi penuh lonjakan pasien Covid-19 pihak RSUD Bekasi juga menambah ruang perawatan untuk pasien Corona. Satu lantai rumah sakit disiapkan dengan 45 tempat tidur tambahan hingga kini totalnya 400 tempat tidur.

Perlu diketahui bahwa pihak RSUD merawat pasien Covid-19 dari sejumlah kota, bukan hanya mereka yang ber-KTP Kota Bekasi. Komposisinya, 60 persen warga Kota Bekasi dan 40 persen warga ber-KTP luar.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.