Pencarian Makam Mayor Hasibuan: Setelah 5 Hari Ditemukan Oleh Pegiat Sejarah Beny Rusmawan, Walikota Berziarah

Walikota dan staf serta Beny Rusmawan di Makam Mayor Hasibuan

BEKASI SELATAN – Sore yang cerah, Sabtu, 26 Juni 2021 di Kota Bekasi. Beny Rusmawan dan sahabatnya Randy Wirayudha untuk yang kelima kalinya menjejakan kaki di area pemakaman depan Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi.

Keduanya selalu penasaran. Empat kali mereka memasuki area makam ini. Namun yang mereka cari tidak ditemukan. Secarik info menyebutkan, Mayor Hasibuan dimakamkan di pemakaman ini. Karena itu, Beny Rusmawan dengan gigih mencari makam spesial ini.

Ya, Mayor Hasibuan memang spesial. Namanya, tertera megah sebagai nama salah satu jalan di Kota Bekasi. Anugerah ini sebagai penghormatan atas jasa-jasa Mayor Hasibuan untuk Bekasi. Dia pahlawan Bekasi, berjuang dan banyak berperang di kawasan ini.

Di masa kemerdekaan, tentara bernama lengkap Mayor Madnuin Hasibuan ini tercatat sebagai salah satu pendiri Bekasi. Dia sempat pula menjabat sebagai Ketua DPRD Bekasi periode pertama.

Namun, satu misteri mengiringi, di mana makam Mayor Hasibuan, masih gelap sama sekali. Secuil info hanya menyatakan, Mayor Hasibuan dimakamkan di area Masjid Al-Barlah Kota Bekasi.

Beny Rusmawan saat pertamakali menemukan Makam Mayor Hasibuan

Info inilah yang mengusik Beny Rusmawan, seorang pegiat literasi dengan bidang spesial sejarah Indonesia, mencoba menemukan makam tokoh penting tersebut.

Bukan karena apa-apa, Beny yang warga Cilincing Jakarta Utara ini memang hobi dengan sejarah. Dia suka berkelana mengumpulkan catatan-catatan sejarah yang belum terungkap. “Menelusuri jejak sejarah itu bagai menyatukan keping puzzle yang berserak,” jelas Beny tentang hobinya.

Baca Juga: Bulak Kapal: Kapan Ada Kapalnya?

Sabtu sore tersebut, Beny kembali bisa menyatukan puzzle yang terserak tersebut. Dia menemukam babak penting soal Mayor Hasibuan, yakni makamnya. Sebuah prasasti yang menandai sosok Mayor Hasibuan ada di Bekasi.

Ada yang unik dalam pencarian yang kelima kali ini. Menjelang magrib itu, Beny Rusmawan ngotot bilang ke Randy yang juga wartawan Historia untuk meminta izin pada penjaga tanah wakaf makam itu.

“Karena selama ini kami masuk ke areal makam tanpa izin, karena memang posisi makam ini terbuka dan bisa dimasuki oleh siapa saja,” ungkap Beny.

Beny Rusmawan dan Walikota Bekasi Rahmat Effendi makan siang dan diskusi soal Mayor Hasibuan

Saat diberi izin masuk, Beny kaget entah apa yang menuntun langkahnya, langsung berjalan ke pojok utara areal makam. Dan, tidak butuh waktu lama, Beny melihat nama beliau, M Hasibuan.

Dia langsung kaget dan berteriak memanggil Randy untuk masuk. “Ran!…ketemu!..ada di sini makamnya!”…,” teriak Beny pada sahabatnya tersebut yang langsung bergegas menyusul posisi Beny.

Baca Juga: TOP 9 Rumah Makan Betawi di Bekasi

Senyum bahagia mengembang di wajah keduanya. Kisah penelusuran keduanya hampir selama empat tahun mencari makam Mayor Hasibuan berujung indah menjelang magrib di Masjid Akbar Al-Barkah Kota Bekasi.

Beny lalu memposting momen ini ke media sosialnya. Gayung bersambut, kawan-kawan medsosnya memberi jempol untuk salah satu karya pegiat sejarah ini. Menemukan makam Mayor Hasibuan yang selama puluhan tahun tak jelas keberadaannya.

Salah satu tokoh yang mengetahui postingan ini dan ikut gembira adalah Ali Anwar. Sama dengan Beny Rusmawan, sejarawan Bekasi ini juga puluhan tahun mencari letak makam Mayor Hasibuan.

Baca Juga: Masyaa Alloh, Ingin Berhaji, 2 Pemuda Asal Gorontalo Nekad Gowes ke Tanah Suci Mekkah

Sehari berikutnya, keduanya bertemu di lokasi makam untuk sama-sama melihat makam Mayor Hasibuan. Penemuan Beny Rusmawan makin dikuatkan oleh Ali Anwar pada Minggu sore (27 Juni 2021) tersebut.

Walikota dan rombongan serta Beny Rusmawan berkunjung ke Makam Mayor Hasibuan

Hanya perlu waktu lima hari, momen penting berikutnya adalah perhatian besar Walikota Bekasi Rahmat Effendi atas penemuan makam Mayor Hasibuan ini. Dia mengundang Beny Rusmawan bertemu untuk makan siang.

Dalam makan siang spesial tersebut, Beny dan Bang Pepen banyak membahas soal sosok Mayor Hasibuan.

Baca Juga: Top 10 Nasi Uduk Betawi di Bekasi, Semurnya Jangan Lupa!

Beny menegaskan, Mayor Hasibuan atau lengkapnya Mayor TNI AL (Purn) Madnuin Hasibuan adalah tokoh penting bagi Bekåsi karena berjuang dan pernah menjadi Ketua DPRD periode pertama di Kabupaten Bekasi.

Di sisi lain, Mayor Hasibuan juga sosok penting bagi sejarah Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL). “Karena dia adalah salah satu pendiri TNI-AL,” ungkap Beny.

Ujung-ujungnya, pada pertemuan dengan Walikota Bekasi itu, hasrat Beny agar makam sederhana itu dipugar atau direnovasi langsung disanggupi Bang Pepen.

Pertemuan hari itu ditutup dengan bersama-sama berkunjung sekaligus berziarah ke makam Mayor Hasibuan. Walikota dan rombongan serta Beny , haru biru dan nampak hanyut memandang makam yang sudah pudar tersebut.

Sosok Mayor Hasibuan memang berakhir di makam sederhana. Meski begitu, rumah terakhirnya berada di tengah-tengah masyarakat yang dulu diperjuangkannya, masyarakat Bekasi.

0Shares

1 thought on “Pencarian Makam Mayor Hasibuan: Setelah 5 Hari Ditemukan Oleh Pegiat Sejarah Beny Rusmawan, Walikota Berziarah

  1. Terimakasih utk sdr Beny Rusmawan dan Randy Wirayuda yg tak putus asa mencari dan ahirnya menemukan makam pahlawan RI Mayor (L) Maudin Hasibuan. Tuhan memberkati Sdr2. Langkah selanjutnya bukankah memindahkannya ke makam pahlawan Bekasi ?? Kupikir tentu Walikota Bekasi ikhlas mewujudkan penghargaan kpd pahlawan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.