Mau Mahir Olahraga Dayung? Kalimalang Bekasi Tempatnya

BEKASI – Kalimalang yang semula dibangun sebagai proyek untuk memasok air ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), ternyata bisa dijadikan sebagai lokasi wisata air, salah satunya adalah Dayung…

Baca juga: Pencarian Makam Mayor Hasibuan: Setelah 5 Hari Ditemukan Oleh Pegiat Sejarah Beny Rusmawan, Walikota Berziarah

Ketika beberapa waktu lalu, TOPBEKASI.ID sedang melintasi Kalimalang yang berada persis di sebelah Universita Islam 45 (Unisma), Bekasi Timur, kami melihat sekelompok pemuda yang sedang mendayung perahu karet. Menjelang senja, sekitar 10 orang yang berasal dari komunitas pehobi dayung dan rafting itu asik berlatih.

Kalimalang Bekasi dijadikan sarana oleh para pehobi dayung untuk berlatih

Karena sebagai fasilitas umum, Kalimalang banyak dijadikan sebagai tempat latihan para pehobi olahraga dayung antara lain berasal dari lain Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Mapala Tapak Giri Unisma, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), Indonesia Green Ranger (IGR), bahkan ada pula pelajar dan masyarakat umum yang ikut serta dalam latihan olahraga air ini.

Baca juga: Berbagi Nasi Bekasi: Aksi Nyata Pejuang Nasi Gratis Berbagi Nasi BungkuS

Sejak tahun 1990-an, Mapala Tapak Giri Unisma adalah salah satu komunitas olahraga dayung yang masih aktif berlatih hingga saat ini. Menurut Dede Sunandi, Pengurus Harian Mapala Tapak Giri Unisma yang akrab disapa Sam mengatakan bahwa latihan yang dilakukan Mapala yang dikelolanya ini tidak hanya untuk mahasiswa Unisma saja, tapi juga menerima pelajar atau masyrakat umum yang ingin berlatih dayung.

Tim Dayung Mapala Tapak Giri Universitas Islam 45 Bekasi

“Tim Mapala Tapak Giri Unisma biasanya berlatih setiap Sabtu. Dari hasil latihan ini, nantinya bisa disalurkan untuk prestasi olahraga air atau bisa juga untuk menjadi Tim Rescue,” terang Sam yang sudah ikut terlibat di Mapala Tapak Giri Unisma sejak tahun 2016 ini.

Baca juga: H. Tri. Ratmoko, Goweser Spesialis Jarak Jauh

Lebih lanjut Sam mengatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk siapa saja yang gemar dan suka melatih dirinya untuk olah raga air, umumnya untuk komunitas. “Lumayan banyak yang antusias dengan olah raga dayung ini. Hampir setiap organisasi pecinta alam di sekolah punya jadwal latihan dayung di Unisma, karena setiap tahun Mapala Tapak Giri selalu mengadakan acara lomba Kebut Dayung tingkat Nasional,” tambahnya.

Pelatihan Dayung Mapala Tapak Giri Unisma yang diikuti oleh mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum, khususnya komunitas

Mapala Tapak Giri Unisma adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang ada di lingkungan kampus Universitas Islam 45 Bekasi, yang didirikan pada 12 November 1989. Kegiatan antara lain Lomba Kebut Dayung Antar Pelajar, Mahasiswa dan Umum. Mapala ini juga pernah meraih Juara Umum Kejuaraan Nasional Dayung Antar Mahasiswa se-Indonesia di UNS Solo.

Baca juga: Covid-19 di Jabar Mengganas: Bandung Zona Merah, Bekasi & Depok Warning!

Sejarah Kalimalang sendiri awalnya adalah sebuah kali buatan yang dibangun pada tahun 1960 untuk memasok air ke PDAM untuk masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Sesuai dengan namanya, sungai ini tidak mengalir dari hulu ke hilr, melainkan malang atau melintang dari Cirata, Kali Bekasi sampai Kali Cakung. Kalimalang terbagi dalam dua saluran induk irigasi, yaitu Tarum Barat dan Tarum Timur. Saluran induk irigasi Tarum Barat mengalir menelusuri bandengan Curug, Cikarang, Cibitung, Tambun, Bekasi Kota dan Jakarta Timur.

Latihan Dayung jelang senja di Kalimalang Bekasi

Beberapa tahun lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pernah punya rencana untuk merevitalisasi Kalimalang Bekasi. Kang Ridwan Kamil punya keinginan untuk membuat Kalimalang jadi seindah sungai Cheongyecheon yang terdapat di Korea Selatan. Cakep! (TR/TB)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.