Asyiknya Bermotor Menuju Pantai Utara Bekasi, Nikmati Segarnya Angin Laut di Pantai Muara Bungin

Rombongan TopBekasi menyusuri bibir pantai Muara Bungin

MUARA GEMBONG – Pantai Muara Bungin berada di Kecamatan Muara Gembong di pesisir utara Kabupaten Bekasi. Pada Ahad yang cerah di awal Bulan Juli 2021, rombongan TopBekasi menjamah pantai yang bersebelahan dengan Pantai Pakis, Karawang ini.

Touring bermotor menuju lokasi wisata Bekasi ini juga melibatkan alanbikers.com serta Bro Jontha Herry Patmono senior bikers di Jawa Barat, khususnya Bekasi.

Bro Herry yang kebetulan sangat familiar dengan kawasan pesisir utara Bekasi ini secara khusus memimpin perjalanan dari kediamannya, Graha Auto Classic (GAC) Cikarang.

Sebagaimana info yang beredar, Pantai Utara Bekasi terkenal dengan pantai yang kotor akibat abrasi, sampah perkotaan, minyak kapal serta pantai berhutan mangrove dengan dihiasi batu-batu karang alias bukan pasir.

Start touring dari Graha Auto Center, Jl Pela, Cikarang

Namun, Bro Herry GAC mengabarkan ada pantai nelayan berpasir di Muara Bungin. Dia bersama keluarga seringkali mencari kesegaran udara laut di Pantai Muara Bungin. Angin laut memang bagus untuk kesehatan pernapasan.

Baca Juga: Bekasi Punya Bupati Baru, Ridwan Kamil Lantik Dani Ramdan Paska Meninggalnya Eka Supria Atmaja

Karena itu, kami dari redaksi TopBekasi dan AlanBikers, ingin sekali menulis untuk pembaca setia tentang Pantai Muara Bungin dengan cara menjamahnya langsung.

Minggu pagi itu, di tengah ketatnya pelaksanaan PPKM Darurat, kami mencoba menelusuri wilayah Bekasi-Cikarang-Jl Pela (GAC)- Sukatani-Cabang Bungin-Pakis Jaya (Karawang) dan berakhir di Pantai Muara Bungin.

Pakis Jaya Karawang? Jangan heran, Pantai Muara Bungin memang masuk wilayah Muara Gembong, Bekasi, namun jalan paling bagus harus melebar ke timur melalui Jalan Pakis Jaya yang masuk wilayah Kabupaten Karawang dan berbatasan langsung dengan Bekasi.

Menjelang pantai, menyisiri sungai dengan jalan konblok yang tidak rata

Kondisi jalan umumnya sudah bagus. Jalan beraspal beton sudah melingkari seluruh bagian Kabupaten Bekasi hingga perbatasan Karawang.

Kami pun menyeberangi jembatan Cabang Bungin menuju Pakis Jaya yang dulu hanya bisa dilalui dengan eretan atau perahu getek menyeberangi Sungai Citarum.

Baca juga: Asyik Mandi di Mess EJIP Cikarang, Omean Wolf Diganggu Mahluk Halus

Tak jauh dari Polsek Pakis Jaya kami belok ke kiri untuk masuk kembali ke wilayah Muara Gembong, Bekasi.

Menjelang 2 Km menuju pantai dengan menyisiri sungai kecil yang bermuara ke pantai, kami menemukan jalanan agak buruk berupa susunan konblok yang sudah turun naik posisinya.

Tiba di muara yang ujungnya adalah Pantai Muara Bungin

Setelah 1.5 jam perjalanan dari wilayah Pilar-Sukatani, Bekasi, kami menemukan Pantai Muara Bungin. Ya betul sekali infonya, di ujung pantai terhampar pasir dengan ombak laut yang menghempas dari Laut Jawa.

Pantai Nelayan yang Tertata Berkat Masyarakat Darwis

Pantai Muara Bungin merupakan salah satu perkampungan nelayan di Bekasi. Walau area pantai berpasirnya tidak terlalu luas, kawasan ini cukup lumayan menjadi destinasi pelepas rindu akan suasana pantai yang berpasir.

Baca Juga: Top 10 Nasi Uduk Betawi di Bekasi, Semurnya Jangan Lupa!

Masyarakat Darwis (Sadar Wisata) di Pantai Muara Bungin telah menata pantai ini sejak beberapa tahun belakangan. Banyak warga Bekasi yang berwisata ke pantai ini, utamanya di akhir pekan.

Ngadem di Warung Teh Agiel nikmati minuman dan aneka hidangan laut

“Kebetulan saat ini sedang PPKM Darurat. Warga diminta di rumah aja. Kalo hari biasa mah lumayan ramai pengunjung,” jelas Bang Rasa salah satu pegiat wisata yang juga punya rumah makan di Pantai Muara Bungin.

Puluhan warung dengan saung-saung berdiri di sini, salah satunya RM Teh Agiel milik Bang Rasa dan istri. Jangan heran, warung-warung di sini siap menyajikan aneka santapan laut hingga menu ringan mie instan dengan rasa enak.

Baca Juga: Top 7 Warung Gabus Pucung Betawi di Bekasi, Rasanya Gurih Banget!

Kami memilih hidangan istimewa ikan bandeng bakar. Sebagai pelengkap disajikan udang gorng saos padang. Udangnya istimewa karena masih segar dari laut sementara bandengnya baru ditangkap dari tambak di pesisir Muara Bungin.

Bang Rasa menyambung dengan ikan bakar

Karena itu, bersantai menikmati alam cukup mengasyikan di Pantai Muara Bungin. Laut utara Jawa membawa angin beserta oksigen yang berlimpah. Ingin oleh-oleh, tempat pelelangan ikan bisa disambangi. Ikan segar hingga ikan asin siap dibawa pulang.

Pantai Muara Bungin terus menata diri dan menjadi lokasi wisata Bekasi yang pantas untuk dikunjungi. Yuk berwisata ke Pantai Utara Bekasi!

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.