Mayor Hasibuan, Pahlawan yang Namanya Nge-Top Jadi Nama ‪Jalan di Bekasi

BEKASI TIMUR – Akhir Juni 2021, sebuah kabar besar terkait sejarah Bekasi di masa perjuangan kembali menghangat. Yakni ditemukannya makam Mayor Hasibuan yang ternyata berada di pekarangan Masjid Akbar Al-Barkah, Alun-Alun Kota Bekasi.

Tak banyak orang tahu sosok pahlawan satu ini. Yang membuat namanya nge-top karena adanya satu ruas ‪jalan di Kota Bekasi, Jalan Mayor Hasibuan.

Jalan ini membentang mulai dari Jalan Cut Meutia di seberang Kampus UNISMA hingga ke Jalan A Yani sebelum MM dan Cyber Park.

Nama lengkapnya Madnuin Hasibuan. Dari namanya, beliau keturunan Tapanuli Selatan, Sumut. Namun literasi soal M Hasibuan sangat terbatas.

Namanya muncul ketika Badan Keamanan Rakyat (BKR) berubah nama jadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) 5 Oktober 1945.

Baca Juga: Blok Makam Syuhada, Monumen Indah Buat Korban Corona di TPU Khusus Covid-19 Rorotan

Pimpinan TKR Jakarta saat itu adalah Moeffreni Moe’min dengan pembantunya, Komandan Batalyon II/Cikarang Mayor Sadikin, Dan Yon V/Bekasi Mayor Sambas Atmadinata bermarkas di Kampung Tugu, Dan Yon VI/Citeureup Mayor Katamsi dengan komandan kompi antara lain Kapten Oking Djajaatmadja (27 tahun) berkedudukan di Cileungsi.

Di antara mereka, terdapat juga TKR Laut pimpinan Madnuin Hasibuan di Marunda – Cilincing.

Selanjutnya, M Hasibuan juga disebutkan terlibat beberapa kali pertempuran di Bekasi dengan pasukan Belanda dan NICA. Dia juga saling membahu dengan pasukan Laskar Rakyat pimpinan KH Noer Ali dalam peristiwa perang antara Karawang – Bekasi yang terkenal.

Baca Juga: Bujug! Perayaan 17 Agustus Dilarang di Bekasi, HUT Kemerdekaan RI Bakal Sepi

Nama M Hasibuan kembali muncul Desember 1949 ketika sejumlah wilayah meminta penghapusan Negara Pasundan untuk digabungkan ke dalam RI. Tokoh perjuangan di Bekasi berkumpul untuk tujuan ini, KH. Noer Ali, R. Supardi, M. Hasibuan, Sukardi, dll.

Mereka membentuk Panitia Amanat Suara Rakyat Bekasi. Bersama sekitar 25.000 masyarakat Bekasi berkumpul memenuhi Alun-Alun pada 17 Januari 1950 lahir Resolusi Rakyat Bekasi.

Baca Juga: Akhir Pekan Lagi, Nyok Sambangin Curug Parigi, Air Terjun Berjuluk Niagara Mini di Bekasi

Isi pentingnya, Bekasi dan Cikarang ingin memisahkan diri dari Republik Indonesia Serikat (RIS), yakni Distrik Jakarta dan Negara Pasundan dan bergabung ke dalam Negara RI. Yang berikutnya adalah mengubah nama Kabupaten Jatinegara menjadi Kabupaten Bekasi.

Dalam catatan berikutnya, M Hasibuan sempat menjadi Ketua DPRD Bekasi yang pertama. Dari tulisan ini, semoga akan bertambah info penting lainnya soal Mayor Hasibuan. Bagaimana kisah tua dan makamnya serta asal usul keluarganya. Yuk berbagi info!

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.