Elly Kasim, Penyanyi Senior Minang Pelantun Ayam Den Lapeh Meninggal Dunia

Elly Kasim

Elly Kasim. Foto: Elly Kasim Official

JAKARTA – Penyanyi senior Elly Kasim meninggal dunia pada Rabu pagi (25/8/2021). Elly Kasim terkenal sebagai penyanyi pop Minang dengan banyak lagu yang melegenda, salah satunya Ayam Den Lapeh.

Kabar Elly Kasim meninggal dunia marak beredar melalui pesan singkat. Disebutkan, Elly Kasim meninggal dunia di Rumah Sakit MMC Kuningan pada pukul 03.48 WIB.

Elly Kasim lahir di Tiku, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatera Barat pada 27 September 1944. Kawasan pesisir barat Sumatera yang bersebalahan dengan Pariaman dan Pasaman.

Meski telah berumur, namun dedikasi Elly Kasim pada dunia seni tidak pernah surut. Dia masih suka bernyanyi di sejumlah acara spesial, khususnya event Urang Awak di Jakarta dan kota-kota lainnya.

Emat tahun lalu, persisnya pada 2017 Elly Kasim menggelar konser Menjulang Bintang, yang menandai sudah 57 Tahun Elly Kasim berkiprah di dunia musik Tanah Air.

Baca Juga: Wisata Sejarah ke Saung Ranggon, Bangunan Tertua di Bekasi

Gelaran musik khas yang berlangsung di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta ini cukup sukses menyedot perhatian para penggemarnya, baik dari kalangan muda maupun tua. Sejumlah artis Indonesia ikut terlibat seperti Titiek Puspa, Be3, Judika dan Rancak Voice.

Terakhir, Elly Kasim terlibat dalam drama musikal Siti Nurbaya yang digelar oleh Galeri Indonesia Kaya. Drama yang mengangkat kisah legendaris ini ditayangkan secara tebatas di channel youtube.

Pada masa jayanya sebagai penyanyi, Elly Kasim banyak membawakan lagu-lagu terkenal yang hingga kini masih menghiasi khasanah musik minang. Sejumlah lagunya dibawakan ulang oleh penyanyi muda dengan aransemen mutakhir.

Baca Juga: Memburu Toge Goreng, Kuliner Tradisional yang Mulai Langka di Bekasi

Elly Kasim amat terkenal sebagai penyanyi Ayam Den Lapeh. Lagu ngetop Elly Kasim lainnya adalah Kasiah Tak Sampai, Ampun Mandeh, Langkisau, Cinto Ka Uda, dll.

Selain bernyanyi solo, Elly Kasim juga terkernal dengan pasangan duetnya. Sebut saja Zaenal Combo, Yan Bastian, Tiar Ramon, dll. Lagu hit-nya antara lain, Bapisah Bukannyo Bacarai bersama Tiar Ramon, lalu Cogok Mancogok bersama Nuskan Syarif hingga Eddy Silitonga.

Elly Kasim bersama almarhum suami Nazif Basir. Foto: Elly Kasim Official.

Sumbangan Elly Kasim pada kebudayaan Indonesia juga sangat luar biasa. Elly Kasim bersama almarhum suaminya Nazif Basir (meninggal tahun 2020) yang juga seorang seniman, wartawan dan satrawan, telah memperkenalkan budaya Indonesia dan Minangkabau hingga ke seantero dunia.

Baca Juga: Gurih Banget, Ini Top 15 Rumah Makan Padang di Bekasi

Keduanya dengan Sanggar Tari Nasional Bunda, yang lebih dikenal dengan nama Sangrina Bunda telah membawa sanggar tari tersebut keliling dunia. Dalam catatannya, sanggar tari ini telah memperkenalkan kebudayaan dan kesenian Indonesia ke-118 kota di 35 negara.

Selain dunia seni dan budaya, Elly Kasim juga mengeluti bisnis lainnya. Di kediamannya di kawasan Rawa Sari, Jakarta Timur, Elly Kasim juga mengembangkan usaha butik. Dan wedding organizer. Usaha ini berkembang hingga saat ini.

Selamat jalan Elly Kasim, Bundo Minang dengan senyum mengembang dan suara khas bercengkok Minang ini kini telah berpulang. Lapeh, seperti lagunya, Ayam Den Lapeh. Semoga Allah terima amal ibadahnya dan diampuni dosa-dosanya.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.