Pahlawan Bekasi, Mayor Hasibuan Terima Penghargaan di Hari TNI-AL, Sebabnya Sangat Heroik!

Pahlawan Bekasi

Penyerahan penghargaan untuk M Hasibuan pada Hari TNI-AL 2021 di Mabes Cilangkap, Jakarta. Foto: Beny Rusmawan

JAKARTA – Sedikit-demi sedikit sosok Mayor Madnuin Hasibuan terkuak secara jelas. Yang terbaru, TNI-AL mengakui kiprah Mayor Hasibuan dalam mendirikan TNI-AL dan berperang atas nama pasukan laut ini saat perang kemerdekaan. Karena itu, saat TNI-AL merayakakan Hari TNI Angkatan Laut pada Jumat (10/9/2021), salah satu Pahlawan Bekasi ini mendapat penghargaan khusus dari Markas Besar TNI-AL.

Penghargaan untuk Mayor Hasibuan sebagai salah satu pendiri TNI-AL diserahkan langsung oleh Kepala Staf TNI-AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Perwakilan keluarga yakni anak-anak Mayor Hasibuan hadir dalam penyerahan penghargaan pada upacara Hari Jadi TNI AL di Markas Besar Cilangkap, Jakarta. Hadir pula Beny Rusmawan seorang penggiat sejarah yang cukup lama menggali kiprah Mayor Hasibuan.

Baca Juga: Lagi Seru Bahas Kota Paling Panas di Indonesia, Bekasi Masuk 4 Besar Lho!

Beny pula yang gigih memperkenalkan sosok pahlawan dari Bekasi ini, mulai dari menggali sosok Mayor Hasibuan hingga melakukan pencarian makamnya yang ternyata ada di area Masjid Akbar Al-Barkah, Bekasi.

Mayor M Hasibuan.

“Haru, bangga, senang juga sedih jadi satu saat melihat keluarga Mayor Hasibuan bersama para pemimpin dan keluarga Besar TNI AL,” tulis Beny di halaman Facebook-nya.

Meski berperang di kawasan utara Jakarta lalu Bekasi dan ikut andil dalam mendirikan Kabupaten Bekasi, Mayor Hasibuan sebetulnya berdarah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Baca Juga: TOP 9 Rumah Makan Betawi di Bekasi

Beliau lahir di Sipirok Tapanuli Selatan – Sumatra Utara tahun 1922. Dari Sipirok, Hasibuan merantau ke Jawa dan melalui masa mudanya di Tanjungpriok. “Bulan September 1945 tokoh ini ikut mendirikan BKR Laoet,” ungkap Beny Rusmawan.

BKR Laoet kerap berperang dengan Belanda di perbatasan Jakarta dan Bekasi. Pasukan Mayor Hasibuan saling bahu membahu dengan laskar rakyat Bekasi antara lain pimpinan KH Noer Ali.

Beny melanjutkan, saat Perang Kemerdekaan selesai, Mayor Hasibuan aktif di pemerintahan dan menjadi Ketua DPRDS Kabupaten Bekasi yang pertama dari tahun 1950 sampai tahun 1956.

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono bersama keluarga Mayor Hasibuan. Foto: Beny Rusmawan.

Mayor Hasibuan meninggal pada tahun 1961 di Bekasi dan di makamkan di belakang Masjid Al Barqah di alun alun Kota Bekasi. Untuk menghormati jasanya untuk Bekasi, nama Mayor Hasibuan dijadikan nama Jalan di Kota Bekasi. Jalan Mayor Hasibuan membentang mulai dari Jalan Cut Meutia hingga Jalan A Yani.

Baca Juga: Nasi Uduk Bang Bule: Top Kuliner Otentik Betawi-Bekasi yang Kini Buka Lebih Sore

Mimpi saya agar Pak Hasibuan dihargai oleh bangsa dan diakui oleh Kesatuannya di TNI-AL terbayar sudah,” urai Beny Rusmawan yang terus berharap agar makam Mayor Hasibuan segera dipugar.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.