Situ Cibereum: Paket Lengkap Wisata Air di Bekasi, Tempat Ngadem di Hadapan Danau

Cibeureum

TAMBUN SELATAN – Tidak banyak pilihan wisata di Bekasi. Jika abang/mpok ingin plesiran yang deket-deket aja, Danau Cibeureum atau kerap disebut Situ Cibeureum bisa menjadi pilihan. Area danau seluas dua hektar lebih ini asyik jadi tempat ngadem.

Sabtu pagi (11/9/2021) ketika matahari baru menampakan diri, tim TopBekasi bersama Alanbikers sudah siap-siap untuk melihat kondisi terkini Situ Cibeureum yang berada di Desa Lambang Jaya, kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Dari kantor redaksi di Rawakalong, Tambun Utara, hanya butuh beberapa menit saja menuju kesana. Dari Jalan Diponegoro (Pantura) Tambun, motor diarahkan ke selatan menuju Kalimalang, lalu masuk ke pusat komersial Grand Wisata atau Grandwis.

Lokasinya persis berada di bagian belakang pembangunan Grandwis. Posisi tempat wisata Bekasi ini bersebelahan dengan kolam renang GoWet. Kebetulan jalan masuk di sebelah kolam renang sudah terbuka lebar, kendaraan pengunjung terutama sepeda motor bisa leluasa masuk.

Baca Juga: TOP 9 Rumah Makan Betawi di Bekasi

Sebanyak 40an warung ada disana yang sudah siap menyambut wisatawan lokal pagi itu. Warung-warung dengan daya tarik lesehahan di tepi danau sudah menyambut sejumlah tamu. Karena pagi, tamu umumnya para pesepeda alias Goweser.

Para pelancong terlihat asyik menikmati suasana Situ Cibeureum dengan makanan lokal. Mereka duduk-duduk santai mulai dari meja-meja di sisi danau, lepak lesehan yang tepat berada di atas danau, hingga tenda-tenda kecil yang juga menghadap ke danau.

Suasana nyaman seperti inilah yang menjadi daya tarik tersendiri berada disini. Wisatawan puas duduk santai sambil sarapan di sejumlah sudut danau. “Kalo Sabtu-Minggu, tamu banyak datang pas mau makan siang,” ungkap Mama Alan, salah satu pemilik lapak lesehatan.

Baca Juga: Gurih Banget, Ini Top 15 Rumah Makan Padang di Bekasi

Betul saja, menjelang makan siang, rombongan wisatawan yang datang secara bergantian. Umumnya adalah keluarga yang ingin berwisata. Beberapa di antaranya rombongan komunitas yang ingin melakukan pertemuan.

Petugas Juru Situ Cibeureum Syamsudin mengatakan, kegiatan wisata di Situ Cibeureum telah ada sejak dirinya kecil, 30an tahum silam. Namun perkembangan pesatnya terjadi sejak tahun 2015. Berkat pembangunan perumahan, jalan menuju Situ Cibeureum semakin bagus.

Kata Syamsudin yang merupakan petugas penjaga situ karyawan honorer Dinas Sumberdaya Air (DSA) Kabupaten Bekasi, Situ Cibeureum dikembangkan secara pribadi oleh warga sekitar. Paket wisata pun mulai lengkap.

Selain lokasi-lokasi untuk bersantai, pengunjung juga bisa menikmati wisata air menuju ke tengah danau. Bang Indra selaku operator wisata air berupa perahu lengkap dengan alat keselamatannya siap mengantar pengunjung keliling danau dengan tarif Rp.20.000 selama 20an menit.

Baca Juga: Unik dan Bersejarah, Ini 3 Top Jembatan di Bekasi yang Wajib Dikunjungi

Bagi pecinta mancing, Situ Cibeureum menghadirkan serunya masing di alam bebas dengan aneka ikan air tawar. Ada mujaer, nila hingga gabus. “Mancing bebas di sini. Mau di lokasi mana aja,” kata Syamsudin.

Cibeureum

Bukan hanya mancing yang bebas biaya, pelancong yang masuk ke dalam area sekitar objek wisata lokal Bekasi ini juga tidak dikenakan tarif masuk. Biasanya, hanya motor saja yang dikenakan biaya parkir, itupun tidak selalu ada.

“Situ Cibeureum masih dikelola secara kekeluargaan oleh warga sekitar. Kami ingin pengunjung nyaman berada di sini tanpa diganggu banyak biaya,” tegas Syamsudin.

Baca Juga: 4 Pantai Keceh, Bikin Muara Gembong Top

Dan, ini yang menarik. Penghuni lapak di Situ Cibeureum menawarkan banyak menu andalan. Utamanya adalah ikan bakar hasil tangkapan dari Situ Cibeureum. Bumbunya mulai dari sambel kecap hingga pecak khas Betawi/Bekasi.

Cibeureum

Bakso dan mie ayam sangat mendominasi, jika ingin yang spesial dan jarang ada, pilihannya adalah toge goreng khas Bekasi Mpok Bohay yang sudah puluhan tahun hadir serta sayur tutut yang gurih rasanya.

Untuk cemilan teman ngopi atau ngeteh, seabrek. Ada aneka gorengan. Jajal juga bala bala atau bakwan jengkol khas Bekasi. Hemm, makin asyik ngadem di Situ Cibeureum. Paket wisata bekasi komplit yang jaraknya deket-deket aja.

Cibeureum
Syamsudin Juru Situ dan Inda pengelola wisata di Situ Cibeureum, Bekasi.
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.