Situ Abidin, Destinasi Wisata Tersembunyi di Karangmulya

Bojongmangu – Banyak yang tidak menyangka kalau di Bekasi ada tempat wisata yang punya hawa sejuk layaknya suasana alam pegunungan. Nggak percaya? Coba aja sambangi Situ Abidin di Karangmulya.

Baca juga: Nasi Uduk Betawi Mpok Haji Nunung di Tambun, Lejen & Rasa Otentik Banget!

Beberapa destinasi wisata air bertebaran di wilayah Bekasi, Situ Abidin adalah salah satunya. Lokasinya yang terletak di ketinggian dengan hamparan danau dengan pulau di tengahnya. Bisa dibilang, situ ini menjadi destinasi wisata tercantik dengan nuansa alam pegunungan yang hijau dan asri.

Duduk santai sambil menikmati suasana Situ yang sejuk

Situ Rawa Abidin yang luasnya mencapai 17 hektar itu dibangun pada tahun 1915-1920. Dengan jalur dan trek perbukitan, tak herannya jika banyak komunitas pesepeda gunung (MTB) dan motor trail bertandang ke danau yang terletak di Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Situ Abidin masih dalam penataan Foto: Komunitas Situ Abidin

Saat ini, Situ Abidin dikelola oleh Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Karangmulya, dengan melibatkan Karang Taruna dan Komunitas Situ Abidin (KSA). Meski masih dalam tahap pengembangan, beberapa fasilitas wisata pun mulai tersedia, diantaranya meja dan bangku kayu, spot foto untuk berswafoto berlatar belakang danau nan indah.

Ada fasilitas untuk foto selfie

Pengelola juga menyediakan perahu kayu bagi wisatawan yang ingin mengelilingi danau atau menuju pulau di tengah danau yang terdapat makam, yakni makam Mbah Bidin dan Mbah Lidam. Kedua makam tersebut sudah terdaftar sebagai cagar budaya di Kabupaten Bekasi.

Jhonta Herry Patmono dan Zoera Destrian La’citara dengan latar belakang pulau di tengah danau

Meski sudah dua kali mengunjungi Situ Abidin, rasa penasaran dan kagum masih menyelimuti pikiran Jhonta Herry Patmono, seorang Pengusaha Benda Antik asal Cikarang. “Saya masih nggak nyangka aja, ternyata di Bekasi masih ada tempat yang nggak kalah sama Puncak. Sejuk banget. Apalagi kalau pagi hari masih ada gumpalan kabut di sekitar danau, cantik banget,” ungkapnya.

Baca juga: Bekasi Disebut Kota Patriot, Karena Ribuan Pejuang Berperang Melawan Penjajah di Bekasi

Karena masih dalam penataan, fasilitas yang ada di Situ Abidin masih terbatas. Di area tersebut, terlihat baru ada dua saung pedagang dan toilet umum yang masih sederhana. Penataan Situ Abidin masih terus dilakukan oleh pihak pengelola agar para wisatawan yang berkunjung betah berlama-lama di tempat wisata tersebut.

Herry dan Ida saat mengunjungi Situ Abidin

“Tempat ini punya potensi bagus dan akan ramai dikunjungi wisatawan. Saya sih berharap tempat wisata ini bisa dikelola dengan baik, sehingga bisa menghasilkan pemasukan buat warga sekitar,” ujar Herry yang saat ke Situ Abidin datang bersama Siti Romaidah, istrinya dan  anak perempuannya, Zoera Destrian La’citara.

Wisatawan bisa saksikan suasana Sunset yang sangat indah di Situ Foto: Komunitas Situ Abidin

Saat mengunjungi Situ Abidin bersama keluarganya, pria pemilik Graha Auto Classic Cikarang ini menggunakan mobil. “Saya belum puas karna belum blusukan pake motor. Rencananya, saya akan balik lagi dengan Royal Enfield sekalian mau menikmati sunset di balik danau yang katanya sangat indah,” pungkasnya. (TR/TB)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.