Jika Ngalong di Bekasi, Jajal Nasi Uduk Mantap di Indoporlen-Tambun, Semur Jengkolnya Top Banget!

Nasi Uduk Mantap

TAMBUN – Abang/Mpok yang pas malem-malem pengen makan nasi uduk Betawi di Bekasi, hemm, ada rekomen spesial nih dari TopBekasi. Namanya Nasi Uduk Mantap. Rasa semur jengkolnya, bikin nagih. Jam bukanya juga oke, dari sore hingga menjelang Subuh.

Seperti pada sebuah malam di ujung Bulan September 2021, TopBekasi pas pengen banget nasi uduk Betawi, akhirnya melipir ke warung Nasi Uduk Mantep.  Warung nasi uduk ini berada di Jalan Diponegoro antara pertigaan Indoporlen dan Tambun.

Posisinya sebelah kiri jika dari arah Bulakkapal atau setelah lampu merah Indoporlen. Setelah SPBU Pertamina, pelan-pelan saja. Biasanya banyak sepeda motor parkir. Jam 11 malam itu, ada sekitar lima pembeli tengah asyik menyantap nasi uduk Betawi di Bekasi ini.

Tampilan warung ini khas nasi uduk tempo dulu, berada di emperan toko yang telah tutup. Cukup dengan dua meja panjang sebagai area pajang menu beserta pernak-pernik perkakasnya. Melihat pajangan lauknya, langsung menggugah selera.

Baca Juga: Misi Endra Kusnawan, Kumpulkan Pejuang Bekasi Dalam Buku Serial “Pejuang Bekasi di Era Perang Revolusi”

Di bagian pertama ada panci semur telor beserta kawan-kawannya, yakni kentang, tahu dan tempe. Di panci kedua terlihat telor balado berwarna merah menyala. Sang primadona ternyata ada di panci ketiga, yang khusus untuk semur jengkol saja.

Warna dan tekstur kuah semur di warung nasi uduk Betawi yang dikelola Bang Iwan ini tergolong beda. Kuahnya kental dengan warna hitam coklat yang mengkilap. Bau rempah-rempah spesial membuat semur, terasa menguap.

Panci berikutnya adalah sambel kacang yang dibuat sangat spesial pula. Sayang nih bang, sambelnya kurang pedes, hehehe. Tapi mantep lah. Tak lupa dua topping penutup yakni tempe orek kering plus bihun goreng.

Bang Iwan, pemilik Nasi Uduk Mantap tengan menyiapkan sepirin nasi uduk.

Kawan makan lainnya ada perkedel, sate kikil dan telor dadar. Gak lupa aneka gorengan mulai dari bala-bala, tahu dan tempe. Untuk minumnya disiapkan sepanci besar teh bendera yang berwarna coklat pekat.

Baca Juga: Situ Cibereum: Paket Lengkap Wisata Air di Bekasi, Tempat Ngadem di Hadapan Danau

Harga sepiring nasi di sini nggak terlalu mahal. Nasi uduk semur jengkol plus topping orek dan nasi Rp.10 ribu, nasi uduk telor dan toppingnya Rp.10.000, nasi uduk telor plus jengkol Rp.15.000. Jika hanya nasi uduk plus topping dan  kuah, cukup Rp.5 ribu.

Malam itu, saya memesan nasi uduk plus semur jengkol dan telor dadar. Sementara tim lainnya memilih telor semur dan telor balado. Untuk menggugah selera, Top Bekasi sarankan pilih telor semur yang hitam dan telor balado yang merah.

Malam itu bisa dikatakan sebagai malam sempurna bagi kami. Karena kami kembali menemukan kuliner Betawi atau kuliner Bekasi yang rasanya juara.

Baca Juga: Asyiknya Bermotor Menuju Pantai Utara Bekasi, Nikmati Segarnya Angin Laut di Pantai Muara Bungin

Asal Nama Nasi Uduk Mantap

Soal nama Nasi Uduk Mantap, Bang Iwan menjelaskan, nama tersebut berasal dari para pelanggannya. Setelah makan, mereka sering menyebut mantap untuk nasi uduk ini.   “Karena itulah saya kasih nama Nasi Uduk Mantap,” ujarnya.

Bang Iwan mengatakan, Nasi Uduk Mantap buka sore hingga menjelang subuh. Namun, jika pas laris, tutupnya bisa jam 2 atau tiga. Khusus hari Minggu, warung ini libur.

Jika malam ada di Bekasi dan pengen nasi uduk Betawi, mampir ke Nasi Uduk Mantap. Semur jengkolnya bikin kangen!

Pelanggannya adalah karyawan pabrik di sekitar warung. Banyak juga pekerja dari Jakarta atau Bekasi yang melintas hendak menuju rumah di Tambun atau Cikarang.

Melihat dari mereka yang datang, Nasi Uduk Mantap sukses memanjakan lidah pelanggannya. Mereka selalu datang dan datang lagi. Kata bang Iwan, sebelum Corona melanda, dia biasa masak nasi 25-27 liter semalam. Alhamdulillah, saat Corona turun sedikit, cukup 15 liter saja.

Nah, jika Abang/Mpok tengah ngalong di Bekasi atau ingin menjajal nasi uduk Betawi di Bekasi yang rasanya juara, Nasi Uduk Mantap bisa menjadi salah satu pilihan istimewa. Semur jengkolnya, mlekoh banget!

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.