Nasi Uduk Bang Ojak, Top Kuliner Bekasi Kala Pagi di Proyek Bekasi

BEKASI TIMUR – Salah satu lapak nasi uduk Betawi dengan cita rasa tinggi di Bekasi adalah nasi uduk Bang Ojak di Proyek Bekasi. Nasi uduk dengan aneka makanannya terkenal punya rasa khas yang Betawi banget. Pelanggannya banyak datang dari jauh.

Jam menunjukkan pukul 06.30, pertokoan di sekitar Proyek Bekasi masih tertutup rapat. Hanya pedagang makanan yang sudah membuka dagangannya di pagi itu. Ya, mencari sarapan di Proyek Bekasi bisa menemukan aneka kuliner Bekasi yang enak-enak.

Di ruas Jalan Mayor Oking yang membelah kawasan pertokoan Proyek Bekasi, sebuah gerobak sudah bersiap menata jualannya. Gerobak tersebut berganti menjadi meja yang selanjutnya jadi arena pajang aneka masakan.

Ojak sang penjaga lapak menata dengan baik mulai dari bakul nasi besar di bagian dalam mulut gerobak, lalu aneka sayuran mulai dari semur tahu hingga makanan pendukung, jengkol, telur balado serta bakwan dan bala-bala.

Pagi itu, sejumlah pelanggan sudah menanti kedatangan bang Ojak yang jualan dibantu sang abang Agus dan sepupunya Ical. “Saya spesial datang dari Dukuh Zambrut bang,” ungkap Haji Sanusi yang sarapan pagi itu dengan sang istri.

Baca Juga: Nama Kampung Unik & Aneh: Kampung Siluman di Tambun

Cita rasa nasi uduk Betawi Bang Ojak juga membuat Koh Beny datang sarapan dari kawasan Wisma Asri. “Saya sudah langgan di nasi uduk ini sejak masih bujangan om,” jelas pengusaha ini kepada TopBekasi.

Nasi uduk Betawi Bang Ojak memang beda dengan nasi uduk kebanyakan. “Saya suka dengan nasinya. Gak keras dan juga gak terlalu lembek. Rasanya gurih dan harum,” kata PakDe Heri warga Tambun Utara yang juga khusus datang menikmati Nasi Uduk Bang Ojak.

Selain nasi, Nasi Uduk Bang Ojak punya sayur dan aneka lauk yang nikmat. Yang pertama adalah semur tahu dan kentang. Kuah sayurnya coklat tua. Bukan sekadar kecap, namun terasa rempah-rempah khas semur Betawi terasa di semur ini.

Baca Juga: Nyook, Jajan Makanan Khas Betawi di Situ Cibeureum

Sementara untuk jengkolnya tidak dicampur dengan tahu dan kentang. Jengkol juga berupa semur namun dengan kuah yang lebih kental hingga melekat di jengkol yang disajikan dengan cara ditusuk sate.

Nah, Nasi Uduk Bang Ojak Proyek Bekasi juga punya satu sayur istimewa, yakni sayur godok dengan isi mie su’un. Sayur in kerap disebut juga sebagai sayur laksa dengan kuah santan kuning cerah yang rasanya agak manis dan nikmat.

Satu lagi keistimewaannya, disiapkan juga acar ketimun khas Bekasi yang membuat makan terasa lebih segar. Masakan teman melahap nasi uduk lainnya yang cukup istimewa adalah sate kikil.

Lainnya ada, telor balado, telor dadar serta penutupnya adalah bala-bala dan bakwan udang. Sambelnya juga istimewa, campuran cabe rawit merah dan hijau serta kacang tanah. Jajal semua, dijamin lidah Abang/Mpok bakal bergoyang kenikmatan.

Nasi Uduk Bang Ojak telah melalui proses dagang yang cukup panjang. Emak sama Aba-nya Ojak sudah mulai jualan sejak tahun 1990an di Pasar Baru Bekasi. Saat pasar tersebut kebakaran, orang tua Ojak berjualan dengan cara keliling.

Baca Juga: Kisah Ali Anwar, Sejarawan Bekasi Mencari Makam Mayor M Hasibuan Pahlawan Dari Bekasi

Tahun 2000an, ada kawannya Aba yang menawarkan berjualan di depan emperan toko yang masih tutup hingga pukul 09.00. Beberapa kali pindah lapak, akhirnya Nasi Uduk Bang Ojak menetap di lokasi sekarang, di depan toko textile Ratna.

Lokasi persisnya berada di pintu keluar bagian belakang Bekasi Junction. Lapak ini bersebelahan dengan Mie Ayam Surya dan hanya beberapa toko dari Apotik Rizal yang terkenal di Proyek.

Bang Ojak berjualan setiap hari, kecuali hari Jumat khusus libur. Jualannya sejak jam 07.00 hingga 09.00 atau 10.00.

Ojak menyebutkan, di kala pandemi saat ini jualannya tetap bertahan. Saat Sabtu dan Minggu, emak yang masak dibantu mpok-nya Ojak, bisa menghabiskan beras untuk nasi uduk hingga 14 liter, sementara di hari biasa sekitar 9 liter.

Nah, jika Abang/Mpok pas ada di Bekasi di kala pagi dan ingin sarapan yang istimewa, mampir aja di Nasi Uduk Betawi Bang Ojak Proyek Bekasi. Dijamin bakal ketagihan!

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.