Ketupat Padang Ajo Koto, Ketupat Sayur Enak di Bekasi, Makannya Dengan Rendang Hingga Tunjang

Ketupat sayur Padang di Bekasi Ajo Koto

RAWALUMBU – Makan ketupat Padang biasanya dengan sayur nangka kadang ada sayur pakis plus telor balado. Nah, makan ketupat dengan rendang atau tunjang, jarang ada. Jika ada, sajian ini sungguh istimewa.

Hari masih pagi di Rawalumbu saat kami tiba di kawasan perumahan yang berkembang menjadi area bisnis di Kota Bekasi. Pada akhir pekan di pertengahan Desember 2021 tersebut kami bersemangat dengan motoran pagi-pagi untuk mendapatkan aneka jajanan sarapan Padang atau kuliner Minang di sini.

“Warung ketupat sayur Padang Ajo Koto” baru saja buka. Di akhir pekan tersebut pembeli sudah berdatangan pagi-pagi. Pemilik warung, Ajo Nadi yang bersuku Koto padahal masih menata aneka makanan.

Di meja saji terpampang panci besar berisi sayur nangka dan panci lainnya tempat sayur pakis. Nah, di bagian sisinya yang membuat mata gak tahan untuk segera makan.

Selain telor balado, ada aneka lauk seperti di rumah makan Padang. Ada rendang, gulai tunjang, gulai ayam hingga gulai kambing. Wow, tidak ketinggalan juga jengkol kalio yang sangat menggoda tampilannya.

Baca Juga: Ini Dia Jumlah Penduduk Bekasi, Berapa Juta Sih?

Warung ketupat Padang Ajo Koto juga menyediakan gado-gado Padang. Makanan yang disebut juga dengan pical di Pariaman ini jarang-jarang juga tersedia di bupet-bupet Minang.

Dengan aneka lauk lengkap pendamping makan ketupat sayur, “Ajo Koto” menjadi salah satu tempat sarapan ketupat sayur di Bekasi yang sangat istimewa.

“Kami langganan di sini sejak lama. Aneka lauk yang beragam membuat kami suka makan di sini,” ungkap Uni Eva orang solok warga Mustikasari-Bekasi yang pagi itu makan bersama suami dan dua anaknya.

Uni Eva yang merupakan Ketua Sulit Air Sakato atau SAS Bekasi ini nampak asyik menyantap ketupat sayur dengan rendang, sementara sang suami memilih gulai kambing. Sedangkan kami dari TopBekasi, memilih menyantap ketupat dengan gulai tunjang. Wow… pagi yang sangat istimewa.

Baca Juga: Akhmad Marjuki, Wakil Bupati Bekasi Sekaligus PLT Bupati Bekasi, Pengusaha Sukses di Karawang-Bekasi

“Ketupat Sayur Ajo Koto” berada di jalur utama Rawalumbu yang kedua sisinya kini penuh dengan pertokoan. Lokasi persisnya berada di sisi kiri jembatan tiga. “Kami sudah empat tahun berjualan di sini,” jelas Ajo Nadi orang Pariaman asli asal Pakandangan.

Soal warung spesialnya, Ajo Nadi bercerita bahwa awalnya dia dan istri bercita-cita ingin punya warung nasi atau rumah makan padang. Namun karena dulu ada keterbatasan modal, dia memilih membuka warung ketupat sayur Padang.

Kebetulan sang istri yang bernama Uni Ratna punya masakan yang rasanya jempol. “Alhamdulillah, dengan membuka warung ketupat sayur ini, saya bisa mengembangkan kepandaian istri di bidang kuliner. Kebetulan untuk semua masakan Padang dia bisa membuatnya,” ungkap Ajo Nadi.

Awalnya, Ajo Koto hanya menyediakan ketupat sayur Padang dengan sayur dan telor sebagai pendampinya. Namun, lama kelamaan pelanggan mengajukan usul untuk disiapkan juga lauk lainnya.

Gayung pun bersambut, Usul ini ditangkap dengan baik. Ajo Nadi dan Uni Ratna sedikit demi sedikit mulai membuat berbagai macam jenis masakan. Dan kini, menunya super lengkap.

Baca Juga: Gara-Gara Tape Uli, Tak Ada Lagi Perselisihan Antara Pegowes dan Pemotor

Eit,,, bukan hanya lauk, di sini juga bisa didapatkan, aneka gorengan spesial. Ada sala bulek (gorengan gurih khas Pariaman), bakwan, tahu isi, hingga ketan yang makannya dipadu dengan goreng pisang.

Makan ketupat sayur Padang di sini betul-betul memanjakan lidah. Tak heran jika “Ketupat Sayur Ajo Koto” masuk dalam Top 10 Ketupat Sayur Padang di Bekasi versi TopBekasi.id. Penasaran kan abang-mpok…

Warung ketupat sayur Padang di Bekasi ini buka mulai pukul 06.00 dan tutup pukul 11.00. Untuk liburnya tidak menentu. Namun, Ajo Nadi suka ambil libur pada hari Senin atau Selasa. Nyok mampir, jangan lupa tambuah ciek!

Ketupat sayur Padang dan sepiring gado-gado Padang di warung Ajo Koto, Rawalumbu, Bekasi
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright TopBekasi.ID © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.